Peran Guru BK di Masa Pandemi Virus Corona



Peran Guru BK di Masa Pandemi Virus Corona




Apa itu Virus Corona?

Apa sech Virus Corona itu atau yang sering kita sebut dengan Covid-19? Virus Corona adalah virus yang menyerang manusia melalui sistem pernafasan, sehingga ketika seseorang terkena virus tersebut harus cepat - cepat dirawat di rumah sakit untuk ditangani oleh dokter dan di isolasi. Karena virus corona menyerang siapapun tidak mengenal usia, dari bayi, bocah, remaja sampai lansia.

Virus corona menyebar dengan sangat cepat melalui sentuhan badan, percikan, tetesan saat seseorang batuk, bersin atau berbicara. Oleh karena itu sekarang seluruh masyarakat Dunia di anjurkan untuk Lockdown atau berdiam diri dirumah dan memakai Masker ketika mau keluar ruma demi memutus rantai peyebaran virus Corona.

Dengan begitu dunia pendidikan di seluruh dunia terutama di negara kita Indonesia saat ini sangat terganggu dalam proses belajar mengajar. karena semua siswa-siswi diharuskan belajar dirumah sampai keadaan ini bener-bener membaik. Entah sampai kapan?

Peran Guru BK di masa Pandemi?

Mungkin bagi bapak/ibu guru mata pelajaran lebih mudah memberi tugas atau pembelajaran melalui berbagai aplikasi Android atau Destop, tapi bagi guru Bimbingan dan Konseling ada sedikit kendala ketika harus melaksanakan kegiatan pelayanan terhadap siswa siswinya. Tapi dengan begitu bapak/ibu guru BK harus pintar-pintar memanfaatkan dunia Teknoligi dalam kegiatan pelayanan. 

Bapak/ibu guru BK juga bisa membuat survei kecil kecilan untuk mengetahui bagaimana keadaan siswa didalam kegiatan belajar dirumah dengan menggunakan aplikasi Clasroom, Google Formulir dll sehingga bapak/ibu guru selalu bisa memantau kegiatan siswa  dirumah adapun isi survei tentang kondisi saat ini, seperti : 

  • Pemahaman siswa tentang Virus Corona atau Covid-19.
  • Kegiatan yang dilakukan siswa selama belajar dirumah.

 Cara Membuat Survei dengan Google Form bisa klik link dibawah

Contoh beberapa Pertanyaan yang bisa dimasukkan dalam survei kegiatan siswa belajar di rumah :
  1. Apa yang anda ketahui tentang Covid-19 ?
  2. Bagaimana cara penularan Virus Corona?
  3. Apa yang dimaksud “Pysical Distancing” ?
  4. Bagaimana kamu menyikapi “Pysical Distancing”?
  5. Apa yang dimaksud “Social Distancing” ?
  6. Bagaimana cara kamu menyikapi “Social Distancing”?
  7. Apa yang dimaksud dengan ”Lockdown” ?
  8. Bagaimana cara kamu memanfaatkan "Lockdown"? 
  9. Apa yang dimaksud dengan “Pandemi” ?
  10. Sebutkan pengertian dari ODP !
  11. Sebutkan Pengertian dari PDP !
  12. Apa yang dimaksud dengan “Suspect” ?
  13. Pukul Berapa anda mulai mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan Daring?
  14. Siapa yang menemani anda ketika belajar di rumah ?
  15. Pernahkan anda keluar jauh dari rumah pada masa Pandemi ini ? Jika "pernah", untuk urusan apa ?
  16. Bagaimana perasaan kalian ketika menghadapi Social Distancing yang berakibat sekolah diliburkan dan siswa wajib belajar di rumah. Berikan alasannya.
Apabila link survey sudah jadi maka bapak/ibu guru tinggal menshare saja alamat URLnya (Link) kepada seluruh siswa  melalui aplikasi Android bisa lewat WhatsApp atau Google Classroom.

Cara Membuat Kelas Baru di Google Classrom bisa klik link dibawah


Alhamdulillah, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua, terutama saya yang masih tahap belajar, maka dari itu saya mohon maaf klo ada kata-kata yang tidak sesuai dengan kalian, Silahkan Share artikel ini apabila bermaanfaat.


Posting Komentar untuk "Peran Guru BK di Masa Pandemi Virus Corona"