Ketutaman Di Bulan Muharram

Ketutaman Di Bulan Muharram


Ketutaman Di Bulan Muharram - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Adapun Empat bulan selain Bulan Suci Ramadhan, yang dimuliakan oleh Allah SWT yakni Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.
Hal itu tercantum dalam QS At Taubah ayat 36.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ - ٣٦


Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Dinamakan bulan muharam yakni orang-orang Muslim pada bulan tersebut dilarang mengadakan peperangan.

Baca juga: 

Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun 1 Muharram 1442 H
Keistimewaaan Bulan Muharram

Karena di bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk melakukan perbuatan beserta amalan-amalan seperti:

1. Doa Malam Tahun Baru Muharram




2. Sholat

Amalan dibulan Muharram disunahkan melaksanakan sholat malam, sholat hajat, sholat Tahajud fan sholat Taubat.

3. Membaca Al Quran

Di bulan yang istimewa selain bulan Ramadhan ini kita di anjurkan untuk membaca Al Qur'an,  setiap hari  bisa 1 makra, 1 lembar atau 1 juz Al Quran. Namun diutamakan untuk membaca surat Surat Al Fatihah, Al Ikhlas, dan Surat Al Kautsar.

4. Zikir dan Sholawat

Zikir dengan menyebut nama Allah dan membaca sholawat, seperti dalam buku yang sama.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه والتابين وبارك وسلم

5. Puasa

Dengan menjalankan puasa dibulan Muharram berarti kita mengikuti sunah Rosul, Hal yang serupa juga disampaikan dalam Al-Quran, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS Al Ahzab : 21)

6. Sedekah

Di bulan Muharram atau yang sering kita sebut bulan suro atau bulannya anak yatim. maka sebagai orang muslim kita di ajurkan untuk menyantunin anak yatim piatu. Dengan menyantunin atau memelihara anak yatim piatu kita akan diberi keberkahan oleh Allah SWT. Aamiin

Posting Komentar untuk "Ketutaman Di Bulan Muharram "