Setelah Lolos Program Kartu Prakerja, Ikuti langkah Selanjutnya

Setelah Lolos Program Kartu Prakerja, Ikuti Langkah Selanjutnya

Lolos Program Kartu Prakerja


GURUNEFATUR.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 8 sudah dibuka kembali pada Sabtu (12/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Dengan dibukanya kembali gelombang 8 ini, masyarkat akan lebih senang karena setelah gelombang sebelumnya banyak yang belum lolos dalam Program Kartu Prakerja. Oke tidak usah panjang lebar untuk pembahasan ini. Adapun cara untuk mendaftar di gelombang ke 8 sebagai berikut : 

Cara mendaftar Kartu Prakerja

1. Buka laman prakerja.go.id

2. Kemudian pilih Daftar Sekarang

3. Isi Email dan password yang akan login atau masuk

4. Pilih Daftar

5. Login menggunakan email yang telah di daftarkan.

6. Isi Biodata sesuai dengan E KTP yang masih berlaku.


BACA JUGA



Setelah pendaftaran Kartu Prakerja, tunggu tahap berikutnya?

Setelah berhasil melakukkan pendaftararan maka anda harus menunggu hasil verifikasi yang akan memakan waktu 2-6 hari, maka anda harus sering melihat website prakerja.go.id, untuk melihat apakah data kita sudah diverifikasi apa belum.

Apabila anda sudah dinyatakan berhasil verifikasi menyatakan calon peserta lolos, maka anda akan mengikuti tes selama 25 menit dengan soal 18 pilihan ganda. Untuk Tes ini ada beberapa tahapan yaitu 1 dari 7 tahapan. Jadi ada 6 hal lain yang bisa memengaruhi penerimaan peserta Kartu Prakerja. 

Harus dipahami bahwa tes di program prakerja ini bukan seperti Ujian Nasional atau ujian masuk ke universitas tetapi lebih pada tes untuk melihat potensi dan kompetensi,

Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran dan tunggu hasil pengumuman. 

Setelah anda dinyatakan lolos dan masuk Program Kartu Prakerja, tunggu sampai keluar nomor Kartu Prakerja dan Saldo yang masuk ke rekening yang sudah didaftarkan, bisa OVO, Link dan Rekening. 

Apabila sudah dapat saldo bisa memilih pelatihan yang anda inginkan. Ada beberapa pelatihan yang bisa dipilih baik di mitra platform digital resmi dan berbayar. 

Saldo yang kita terima 1.000.000, untuk pembayaran pelatihan akan dipotongkan saldo sesuai dengan harga yang tercantum disitus. Ikuti pelatihan sampai selesai pelatihan online dan dapatkan akan mendapatkan sertifikat elektronik. Kemudian beri ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah anda diikuti. 

Insentif pasca-pelatihan Setelah mengikuti pelatihan, dapatkan insentif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Insentif pasca-survei kebekerjaan Akan ada 3 survei yang diberikan sesudah pelatihan, nantinya masing-masing survei akan mendapat insentif Rp 50.000. 

Syarat Mendapatkan Insentif  Kartu Prakerja?

Insentif hanya akan diberikan kepada peserta pemegang Kartu Prakerja yang sah dari pemerintah dan yang telah menyelesaikan pelatihaan. 

Adapun syarat mendapatkan intensif pelatihan sebagai berikut

1. Peserta harus menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat. 

2. Memberikan ulasan dan rangking kepada pemberi pelatihan

3. Menerima Sertifikat dari pemberi pelatihan.

4. Menyambung nomor rekening bank, wallet, OVO dengan prakerja.go.id  dan sudah Tervalidasi dengan bank terkait/perusahaan e-money.

Dalam hal penerima Kartu Prakerja, insentif pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Jadi etika di gelombang seterusnya maka menrima insetif hanya sekali saja. 

Besaran insentif yang akan diberikan total sebesar Rp 3,550.000 juta dengan rincian : 

- Vouver pelatihan sebesar  Rp 1.000.000

- Insentif Pasca Pelatihan Sebesar Rp 2.400.000 yang akan diberikan bertahap per bulan Rp 600.000. 

- Insentif Survei Rp 150.000  (untuk tiga kali survei).


Demikian semoga bisa berbagi pengalaman dan pengetahun kepada semua yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Setelah Lolos Program Kartu Prakerja, Ikuti langkah Selanjutnya"