Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan

Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan

Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan - Panduan Verifikasi dan Validasi Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Satuan Pendidikan digunakan untuk memastikan kepemilikan perangkat TIK di satuan pendidikan sebagai data dasar dalam pelaksanaan Asessmen Kompetensi Minimal (AKM). Informasi kepemilikan perangkat TIK digunakan untuk memetakan kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan AKM.

Verval TIK
Panduan Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan


Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK dapat diakses melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ Hak akses aplikasi Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK diberikan melalui registrasi keanggotaan pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (SDM) Pusdatin Kemendikbud melalui laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id, dengan penugasan sebagai: 

1. Admin Dapodik bagi Dinas Pendidikan Kab./Kota/Provinsi; dan 

2. Operator Sekolah bagi Satuan Pendidikan.

Hak akses operator sekolah bagi satuan pendidikan adalah dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut: 

Login sebagai operator sekolah akan disajikan profil dari satuan pendidikan bersangkutan (menu Profil) dan verval kesiapan TIK dari satuan pendidikan bersangkutan (menu Verval). 

Hanya dapat diakses oleh operator sekolah bersangkutan yang sudah melakukan registrasi pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id).


Caranya sangat mudah, mungkin para operator sekolah sudah hafal dan sering buka juga.

Klik Login untuk menuju laman Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK Satuan Pendidikan. 
Isikan username yang diregistrasikan pada aplikasi Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan dilaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.
Isikan password.
Klik Login untuk masuk aplikasi Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK Satuan Pendidikan.
Submenu Profil menyajikan informasi profil dari satuan pendidikan bersangkutan.  Perbaikan data master pada profil satuan pendidikan dilakukan melalui aplikasi VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

 
  1. Keterisian data Kesiapan TIK bersumber pada hasil pengisian data pada Submenu Verval (Kesiapan TIK Satuan Pendidikan) yang dilakukan oleh operator sekolah.
  2. Penentuan 15 sekolah terdekat berdasarkan hasil perhitungan terhadap titik koordinat yang disikan oleh operator sekolah melalui aplikasi VervalSP pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id dengan kualifikasi pelaksanaan AKM.
  3. Status kesiapan TIK. 
  4. Status kesiapan AKM.
Kesiapan TIK Satuan Pendidikan diklasifikasikan menjadi 4 kategori dalam menentukan penyelenggaraan Asessmen Kompetensi Minimum (AKM) : 

1. Siap 
Satuan pendidikan masuk dalam kategori Siap menyelenggarakan AKM apabila: a. UNBK Mandiri (Tahun Sebelumnya),atau b. Memiliki Laboratorium Komputer, atau c. Mendapatkan bantuan TIK tahun 2020.

2. Potensial 1
Satuan pendidikan masuk dalam kategori Potensial 1 apabila satuan pendidikan tersebut memiliki minimial 15 komputer. 

3. Potensial 2 
Satuan pendidikan masuk dalam kategori Potensial 2 apabila satuan pendidikan tersebut memiliki jaringan internet dan aliran listrik. 

4. Tidak Siap 
Satuan pendidikan masuk dalam kategori Tidak Siap apabila satuan pendidikan tersebut tidak memiliki fasilitas atau prasarana yang mendukung terlaksananya AKM, seperti komputer, jaringan internet dan aliran listrik.

Berikut sedikit kutipan tentang Panduan Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan untuk lebih lengkapnya bisa melalui link dibawah ini

Panduan Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan


Demikian artikel tentang Panduan Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya, terutama bapak ibu guru yang merangkap sebagai Operator Sekolah harus benar-benar memahami apa yang ada diverval tersebut.


Posting Komentar untuk "Verifikasi dan Validasi TIK Di Satuan Pendidikan"